Sinopsis:

Buku Etika dalam Penelitian Ilmu Sosial dan Psikologi ini terbit di tengah pembicaraan hangat terkait perilaku (tidak) etis sejumlah akademisi dalam menapaki jenjang kariernya, dengan perjokian dalam publikasi ilmiah. Bersamaan dengan itu, dunia akademik diramaikan oleh kehadiran chat bot, yang mampu menjadi ‘malaikat’ penyelamat bagi akademisi dan juga mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam menulis. Adanya chat bot  serta perkembangan Artificial Intelligence yang makin marak dapat makin memuluskan perjalanan seorang akademisi yang ingin cepat-cepat menjadi guru besar, atau mahasiswa yang ingin segera lulus.

Buku ini tidak berfokus pada fenomena yang tengah marak tersebut, tetapi pada kepedulian yang senada; yaitu isu etika dalam penelitian sosial dan Psikologi. Masalah etika telah lama menjadi perhatian dan sorotan di banyak penyelenggara pendidikan tinggi, kelompok pemerhati, dan para cendekia. Sudah selayaknya etika selalu menjadi titik pijak setiap penelitian,  yang tidak saja harus ilmiah, tetapi peduli pada aspek manusia, terutama jika penelitian tersebut dilakukan dalam ranah ilmu sosial dan psikologi yang pasti tidak akan terlepas dari faktor manusia dan kemanusiaan.

Kehadiran buku ini menjadi awal yang baik dan bermanfaat untuk siapa pun yang mendambakan bahwa etika makin mendapatkan tempat di dunia ilmu sosial, humaniora, dan psikologi di Indonesia.


 Kembali