No Image Available

Asrama Media Pendidikan Holistik

 Pengarang: Dr. Br. Ag. Giwal Santoso, FIC., M.M  Penerbitan: KEP  Terbit: 2024  Halaman: 280  Bahasa: Indonesia
 Sinopsis:

Di kalangan masyarakat saat ini mulai banyak berkembang model sekolah berasrama. Model ini dianggap mempunyai keunggulan karena memadukan pendidikan dan pengasuhan. Banyak hal yang perlu diperhitungkan untuk menyiapkan keberadaan model sekolah berasrama yang baik. Buku “Asrama Media Pendidikan Holistik” ini memaparkan sebuah Model Manajemen Pendidikan Terintegrasi Pengasuhan (Delman Penterpan) pada Sekolah Berasrama. Model yang disebut Delman Penterpan SATEL (Manajemen: Seleksi, Asrama, Terintegrasi, Evaluasi, dan Lulusan) ini merupakan produk akhir yang menawarkan kebaruan.

Produk akhir yang dikembangkan ini bisa ditawarkan sebagai salah satu model manajemen pendidikan dan pengasuhan yang lebih efektif, praktis, dan memenuhi syarat kelayakan pada sekolah berasrama. Model “Delman Penterpan SATEL” merupakan kontribusi untuk meningkatkan mutu manajemen pendidikan dan pengasuhan, secara khusus pada sekolah berasrama dan sekolah pada umumnya.

Desain pengembangan model “Delman Penterpan” berdasarkan pada fungsi-fungsi manajeman yang dikembangkan oleh Stepen P. Robins dan Merry Coulter, yaitu planning, organizing, leading, controling. Sedangkan kebaharuan atau novelty dari empat fungsi manajemen tersebut, dikembangkan menjadi tujuh fungsi manajemen pendidikan yaitu visioning, planning, organizing, integratting, leading, controlling, reflecting.

Buku ini akan memberikan inspirasi dan beberapa masukan terkait pengalaman sekolah berasrama yang dapat dijadikan bahan menimbang di lapangan oleh para pihak terkait.

 


 Kembali