No Image Available

Menuju Demokratisasi dan Masyarakat Politik Tilikan tentang Pluralisasi Kekuasaan dalam Politik

 Pengarang: Thomas Tokan Pureklolon  Penerbitan: KEP  Terbit: 2024  Halaman: 223  Bahasa: Indonesia
 Sinopsis:

Problem “Menuju Demokratisasi dan Masyarakat Politik” sebetulnya mengisyaratkan bahwa praktik demokrasi dalam perpolitikan sebuah negara, tidak sedang dalam baik-baik saja. Aransemen demokrasi dalam praktiknya selalu berada dalam sebuah masyarakat politik yang beragam. Dengan kata lain, masyarakat modern yang penuh dengan berbagai kategori yang kerap mengandung berbagai kepentingan kekuasaan (power), dan berada dalam turbulensi politik yang tidak menentu.

Secara esensial, kekuasaan menjadi ajang perebutan dan demokrasi menjadi instrumen strategis yang membawahi semuanya untuk meraih kekuasaan dalam masyarakat politik. Problem seperti ini, tetap menjadi tilikan tentang pluralisasi kekuasaan dalam politik yang tetap berlangsung dari masa ke masa.

Buku ini menguraikan seluruh dinamika persoalan tersebut dan seluk beluk situasi yang dihadapi dalam konteks masyarakat politik Indonesia. Karena itu, penting selalu mengingat bahwa “Menuju Demokratisasi dan Masyarakat Politik”, harus terus melibatkan Kelas Menengah Indonesia, Civil Society, Hak Kolektif dan Hak-Hak Individu, Kontrol Sosial dan Demokratisasi Politik, Memahami Lima Varian Negara Demokratis, Mencari Format Demokrasi Indonesia, Perihal Demokrasi dan Demokratisasi, Konsensus Dasar Demokratis dan Prinsip Mayoritas, Konflik Politik, Politik dan Lingkungan, dan  Masa Depan Indonesia dilihat dari Jendela Politik.”


 Kembali