No Image Available

Pastoral Digital, Pendekatan Komunikasi dan Teologi Pastoral

 Pengarang: Alexandro F. Rangga, OFM  Penerbitan: KEP  Terbit: 2024  Halaman: 146  Bahasa: Indonesia
 Sinopsis:

Dunia digital telah menjadi kenyataan yang tak terelakkan dalam kehidupan manusia, tak terkecuali dalam ranah religius. Gereja didorong untuk hadir di dunia digital guna melayani umat dan menjawab kebutuhan zaman. Hal ini melahirkan urgensi untuk memahami dan mengembangkan pastoral digital yang efektif.

Gereja Katolik dipanggil untuk terbuka dan membaca tanda-tanda zaman, terutama setelah Konsili Vatikan II. Ini termasuk keterbukaan terhadap perkembangan dunia komunikasi dengan hadirnya ensiklik Inter Mirifica. Panggilan untuk hidup di dunia digital tidak hanya ditujukan kepada para imam tetapi juga kepada Gereja secara keseluruhan. Upaya ini telah dan sedang dilakukan oleh Gereja di tingkat kepausan, paroki, dan individu.

Buku ini hadir untuk mengisi kekosongan bacaan tentang pastoral digital dengan menawarkan perspektif teologi pastoral dan komunikasi. Dua disiplin ilmu ini saling terkait dalam memahami pastoral digital dan memberikan landasan yang kokoh bagi pengembangannya. Karena itu, diharapkan dapat membantu Gereja dalam mengembangkan pastoral digital yang efektif dan berlandaskan pada teologi yang tepat ataupun sekadar sebagai batu loncatan bagi pengembangan pastoral digital yang lebih komprehensif dan aplikatif di masa depan.

 


 Kembali