No Image Available

Panduan dan Praktik Baik Project-Based Learning

 Pengarang: Antonius Malem Barus, dkk  Penerbitan: Umum  Terbit: 2022  Halaman: 144  Bahasa: Indonesia
 Sinopsis:

Buku ini merupakan jawaban dari kegelisahan dari sekolah, guru, dan orang tua akan arti dan implementasi model pembelajaran Project-Based Learning di sekolah melalui Kurikulum Prototipe yang terbaru (2022). Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami kondisi dunia saat ini di era VUCA. VUCA merupakan akronim dari Volatility (mudah berubah), Uncertainty (tidak pasti), Complex (kompleks) and Ambiguity (ambigu) yang saling berelasi menggambarkan kondisi yang terjadi dalam realita masa kini.

Pada Bab 1 РSelamat Datang di Dunia Vuca, pembaca akan diajak untuk memahami kondisi dan realitas yang terjadi di dunia saat ini melalui konser VUCA. Setelah itu, pembaca akan diajak memahami peta kurikulum di Indonesia dan model-model pembelajaran yang dapat menjadi referensi guru dalam merancang aktivitas pembelajaran di sekolah yang dipaparkan pada Bab 2 РPengembangan Kurikulum dan Desain Pembelajaran.  Selanjutnya, pada Bab 3 РPengembangan Project-Based Learning di Sekolah sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka pembaca akan mempelajari berbagai macam contoh implementasi Project-Based learning dengan cara yang sederhana melalui aktivitas yang menginsipirasi (inspiring), mencipta (creating), dan mendedikasikan (dedicating) karyanya. Di sisi lain, berbagai contoh cara untuk mendesain media pembelajaran digital maupun nondigital yang dapat digunakan dalam Project-Based learning dapat dipelajari pada Bab 4 РDesain Media Pembelajaran. Pada bagian akhir terutama Bab 5 РRefleksi dan Perayaan Pembelajaran, pembaca akan disuguhkan aktivitas refleksi dan perayaan Project-Based Learning.

Dengan demikian, pembaca dapat memahami aktivitas Project-Based Learning secara keseluruhan melalui tahapan menginspirasi, mencipta, dan mendedikasikan karya belajar. Mari melakukan aktivitas pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan lokal melalui kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar. Selamat berkarya!

 Kembali